Ngopi Setiap Hari, Kamu Nggak Sendiri! Ini Brand Favorit dan Alasan Kenapa Orang Indonesia Nggak Bisa Lepas dari Kopi

Foto : Instagram @tokokopituku

Bicaraplus.id – Kalau kamu termasuk orang yang nggak bisa memulai hari tanpa kopi, tenang, kamu nggak sendirian. Sebuah survei terbaru yang dilakukan oleh Bicaraplus.id terhadap lebih dari 100 audience mengungkap fakta menarik soal kebiasaan ngopi masyarakat urban. Hasilnya 57,8% audience minum kopi setiap hari dan sisanya Kadang-kadang. Hanya 1% yang mengaku tidak pernah ngopi.

Kopi Itu soal kenikmatan dan kebiasaan, sebagian besar audience  (64,7%) mengaku minum kopi karena menikmati rasa dan aroma. Sementara 43,1% menyebut ngopi sudah jadi rutinitas harian dan menjadikan kopi sebagai cara untuk tetap fokus dan melek. Ini menunjukkan bahwa ngopi bukan sekadar tren, tapi sudah jadi bagian dari gaya hidup dan kebutuhan.


Dari sisi brand, Tuku jadi jawara dengan 30% suara, disusul oleh Kopi Kenangan 26%, dan Fore Coffee 20% , Janji Jiwa 9%, Starbucks, dan Calf juga masih punya tempat di hati penikmat kopi.

apa yang bikin sebuah brand kopi jadi hits Jawabannya simpel tapi krusial rasa dan kualitas. Sebanyak 81,4% audiance menyebut ini sebagai faktor utama. Desain kekinian dan tempat yang estetik hanya menempati posisi kecil dalam pertimbangan.

Fakta Menarik Lainnya


42,2% orang hanya ngopi dari luar jarang-jarang, tapi loyal sama brand tertentu.

Kopi masih jadi topik obrolan favorit: banyak yang langsung nyebut brand tertentu saat diminta rekomendasi ke teman. Kopi Jago, Tomorrow, Kopi Soe sampai Kapal Api tetap jadi jawaban unik di luar brand mainstream.
Dari survei ini, kita bisa lihat bahwa kopi sudah menjadi bagian dari kultur modern entah itu untuk melek kerja, sekadar healing, atau sekadar posting kopi cantik buat Instagram.

Punya brand kopi fokuslah pada kualitas, perkuat karakter rasa, dan jangan lupa, aktif di media sosial. Karena dari situlah loyalitas dimulai.

Bagikan